Komparasi Terapi Shalat Bahagia Dan Terapi Dzikir Bahagia Dalam Membangun Keluarga Sakinah

Authors

  • Rofiq Abidin Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54471/moderasi.v3i2.54

Keywords:

Shalat, dzikir, Sakinah

Abstract

Penulisan  penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena faktual yang dikeluarkan oleh Indonesian Nation Adolescent Mental Healty Survei (I-NAMHS) tentang 1 dari 3 remaja berusia 10-17 tahun mengalami masalah kesehatan mental dan  data yang dikeluarkan oleh databoks tentang kasus perceraian tahun 2022 yang penyebab utama ialah perselisihan dan pertengkaran yang jumlahnya sebanyak 63,41 % atau sejumlah 284.169 kasus. Dari data ini maka penulis memiliki tujuan untuk mengetahui metode terapi shalat bahagia dan metode terapi dzikir bahagia serta mengetahui bagaimana membangun keluarga sakinah melalui dua metode tersebut. Selanjutnya penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan grounded teory

Dari data yang didapatkan  penulis, mulai dari observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen  penelitian maka penulis mengolah data tersebut dengan menggunakan pendekatan grounded teory, mengamati tindakan atau interaksi dari obyek yang diteliti untuk nantinya digenelaralisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1).  Metode terapi shalat bahagia merupakan metode ibadah yang diawali dari menghadap kiblat, berdiri, Takbiratul ihram, membaca Al Fatihah, Rukuk, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, Tasyahud dan diakhiri salam yang dilakukan secara khusyu’. 2).  Metode terapi dzikir bahagia merupakan aktivitas dzikrullah (mengingat Allah) secara jujur yang di mulai dari aktivasi hati, mengambil posisi, memejamkan mata, menyentuh dada, melafadzlkan tasbih, tahmid, istighfar dan takbir yang dilakukan dengan ikhlas. 3).  Membangun keluarga sakinah yang bercirikan konsep litaskunu, penuh kelembutan hati, moral, ekonomi yang mentegakkan aturan keluarga dan etika kepada orang tua serta keluarga ipar.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Abidin, R. (2023) “Komparasi Terapi Shalat Bahagia Dan Terapi Dzikir Bahagia Dalam Membangun Keluarga Sakinah”, Moderasi : Journal of Islamic Studies, 3(2), pp. 184–199. doi: 10.54471/moderasi.v3i2.54.

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 32 times